TEKNOLOGI FILTER REVERSE OSMOSIS (RO)

Posted by Admin 09/09/2016 0 Comment(s) blog,

Bisnis air minum isi ulang memang cukup lama bertahan. Meskipun harga mesin RO untuk modal awal cukup tinggi, namun beberapa orang masih melirik bisnis depot air minum. Apalagi saat ini banyak orang yang lebih malas untuk memasak air. Mereka cenderung memilih air minum isi ulang untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan air isi ulang tidak hanya digunakan untuk minum, tapi terkadang digunakan untuk memasak. Terlebih untuk daerah perkotaan yang mulai mengalami kelangkaan air bersih. Tentu hadirnya air minum isi ulang menjadi solusi terbaik.

harga mesin ro
Bisnis air minum isi ulang menggunakan dijalankan dengan beberapa teknologi. Diantaranya adalah teknologi filter sederhana, teknologi filter RO, dan teknologi filter Demineral. Salah satu yang menjadi favorit adalah teknologi filter RO atau Reverse Osmosis. Untuk air yang dihasilkan dari proses ini biasa disebut dengan air minum RO, air murni, atau air hexagonal. Teknologi ini memanfaatkan filter membran dengan ukuran mikro hingga 0,0001 micron. Untuk kapasitas produksi mesin ini disesuaikan dengan ukuran membran. Anda dapat memilih ukuran membran mulai dari 50 gpd, 100 gpd, 200 gpd hingga 10.000 gpd. Jenis mesin RO tergantung dari membran yang dipasang dan berapa yang banyak yang akan anda produksi. Dan harga mesin RO juga beragam tergantung dari jenis tersebut.

 

Keunggulan Air Minum RO


Mengapa banyak orang cenderung memilih air minum isi ulang RO? Hal ini bukannya tidak beralasan. Ada beragam keunggulan yang dibawa oleh air hasil pengolahan mesin RO. Air minum RO mempunyai kualitas terbaik dan bebas dari kontaminasi bakteri, virus, logam berat, sampai kuman yang menimbulkan penyakit. Setelah melewati proses pengolahan mesin RO, air minum yang dihasilkan banyak mengandung ion negatif yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari menangkal radikal bebas, melindungi jantung, menjaga kesehatan ginjal, dan masih banyak yang lainnya. Air minum RO mempunyai susunan molekul heksagonal yang bisa mengikat oksigen lebih banyak. Melihat keunggulan air minum tersebut, tentu timbul keinginan untuk memiliki mesin RO sendiri. Anda bisa memiliki mesin RO untuk skala rumah tangga. Harga mesin RO tersebut mulai dari Rp 2 jutaan.

 

Kapasitas Mesin RO


Ada berbagai macam tipe mesin RO yang bisa anda pilih. Ada mesin RO 50 gpd undersink rumah tangga yang dibandrol dengan harga 2 jutaan. Kemudian ada mesin RO 100 gpd yang dijual dengan harga Rp 2,5 jutaan. Harga mesin RO 500 gpd CSM bisa anda dapatkan dengan harga Rp 5,4 juta. Sedangkan untuk kapasitas besar menggunakan mesin RO 1000 gpd. Dalam mesin ini sudah ada sebuah membran RO dengan kapasitas output 200 galon per hari. Mesin ini bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 10 juta. Dan bila anda ingin membuka usaha depot air minum, anda bisa menggunakan mesin RO 2000 gpd CSM. Mesin ini mampu menghasilkan 400 galon per harinya. Atau anda bisa memilih mesin RO 4000 gpd dengan output 800 galon per hari. Mesin ini biasa digunakan oleh perusahaan air minum skala besar. Harga mesin ini dimulai dari Rp 20 juta. Cukup mahal memang, namun sebanding dengan kualitas yang anda dapatkan.

 

Tips Memilih Mesin RO


Bagi anda yang akan membuka depot air minum, tentu harus mempunyai mesin RO dengan kualitas unggulan. Mengapa demikian? Jelas karena terkait perhitungan keuntungan. Bayangkan jika mesin yang anda gunakan bukan berasal dari pabrikan yang berkualitas? Tentu dana cadangan anda atau keuntungan yang diperoleh akan berkurang untuk perawatan mesin RO. Apalagi harga mesin RO terbilang tidak murah. Nah, karena itu anda membutuhkan beberapa tips membeli mesin RO. Agar nantinya anda mendapat mesin RO terbaik.

 

Cermati Spesifikasi Mesin


Sebelum mencari tahu masalah harga mesin RO, terlebih dahulu anda harus memahami spesifikasi mesinnya. Mungkin beberapa orang yang masih awam dengan dunia permesinan bingung saat memilih mesin RO. Namun yang dimaksud mencermati spesifikasi mesin disini adalah anda harus memilih mesin RO yang sesuai kebutuhan anda. Misalnya sumber air untuk bahan baku berasal dari kawasan pegunungan, maka pergunakan mesin RO untuk pengolahan air pegunungan. Namun jika sumber air anda terlalu keruh, maka gunakan mesin RO khusus untuk mengolah air keruh. Jadi ada kesesuaian antara bahan mentah dengan mesin pengolahnnya. Jika anda kurang paham tentang detil mesin, anda bisa berkonsultasi dengan penjual mesin RO. Biasanya mereka akan mengarahkan anda memilih mesin yang sesuai kebutuhan. Kemudian untuk menilai air itu keruh, berkoloid, atau air bersih tentu harus melalui uji laboratorium. Anda tidak bisa asal menebak kualitas air. Salah-salah air yang anda olah tidak berkualitas dan kemungkinan terburuknya dapat menimbulkan bahaya.

 

Lakukan Survei Harga


Ada uang ada barang, ada harga ada kualitas. Ungkapan tersebut juga berlaku saat anda membeli mesin RO. Melihat sistem kerja mesin yang dijalankan dengan teknologi mutakhir, tentu membuat mesin ini berharga cukup mahal. Dan sudah pasti mesin RO terbaik juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Karena itulah untuk memulai usaha depot air, para pengusaha harus memantapkan niat terlebih dulu. Karena jelas modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Maka anda diharuskan untuk melakukan survei harga di beberapa produsen mesin untuk perbandingan. Hati-hati dengan suplier nakal yang bisa menipu anda. Jika anda tidak teliti bisa jadi anda mendapat mesin RO berkualitas buruk dengan harga mesin RO mahal.

 

Pilih Suplier Terpercaya


Melihat keuntungan usaha air isi ulang cukup menjanjikan, para suplier mesin RO pun mulai bermunculan. Ada banyak suplier yang menawarkan beragam mesin RO. Mulai dari mesin RO berkualitas rendah hingga yang berkualitas unggulan. Atau mulai dari harga mesin RO yang relatif rendah hingga yang berharga selangit. Dari sekian banyak suplier tentu tidak semua yang dapat dipercaya. Selain mencari info mengenai spesifikasi mesin RO, anda diharuskan mencari tahu tentang suplier yang anda tuju. Salah satu tanda bila suplier yang anda pilih merupakan suplier terpercaya adalah sudah banyak pengguna mesin RO yang diproduksi. Suplier terpercaya juga memberi anda kemudahan dalam pemesanan, pembelian, hingga pemasangan mesin.

 

Cara Memasang Mesin RO


Setelah anda mendapatkan harga mesin RO yang pas, tentu anda akan langsung membelinya. Kemudian tahap selanjutnya masuk pada perakitan atau pemasangan mesin. Proses perakitan mesin sebenarnya cukup mudah, baik untuk jenis mesin konvensional ataupun komersial. Untuk mesin RO skala rumah tangga bisa dimulai dengan memasang membran RO. Kemudian diikuti pemasangan katrid spun, GAC, dan CTO. Lalu pasang semua selang pada tempatnya. Baru kemudian nyalakan listrik untuk mengecek apakah pemasangan anda sudah benar.
Sedangkan untuk mesin komersial cara pemasangannya cenderung lebih rumit ketimbang mesin konvensional. Namun jangan khawatir karena ada petunjuk perakitan yang menyertai. Memang harga mesin RO komersial lebih mahal, tapi jangan takut untuk merangkainya sendiri. Tapi bila anda tidak yakin merangkainya sendiri, anda bisa meminta bantuan suplier tempat anda membeli mesin tersebut. Biasanya ada pelayanan pemasangan gratis untuk pembelian jenis mesin RO tertentu.


Nah, demikian informasi mengenai mesin RO. Mulai dari jenis mesin RO, cara memilih mesin RO yang berkualitas, harga mesin RO, cara merakitnya, hingga keunggulan air minum yang dihasilkan mesin RO. Semoga informasi pusatro ini bermanfaat, terutama bagi anda yang baru akan memulai bisnis air minum

Leave a Comment