PENGGUNAAN ROC.C.K REVERSE OSMOSIS (RO) UNTUK PENJERNIHAN AIR

Posted by Admin 07/09/2016 0 Comment(s) blog,

Saat ini, telah banyak jenis teknologi yang bisa digunakan untuk menjernihkan air. Beberapa teknologi tersebut antara lain dengan disinfektansi yaitu dengan cara ozonisasi, chlorinisasi, dimasak, atau menggunakan sinar ultraviolet. Selain itu, penjernihan air juga bisa dilakukan dengan mikrofiltrasi, destilasi, serta filterisasi. Namun, teknologi yang paling baru dan mutakhir adalah RoC.C.K Reverse Osmosis (RO). Penjernihan air yang menggunakan alat ini ternyata sudah dikembangkan sejak 1950an. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan air jernih yang sehat untuk diminum yang cukup ekonomis dimana alat ini digunakan untuk desalinasi air laut. Biasanya, penggunaan alat ini juga populer disebut dengan hyperfiltration yang terus dikembangkan dan mampu membuang hampir seluruh kontaminan dari air baku yang akan diolah.

roc.c.k reverse osmosis (ro)
Menurut sejarah, teknologi penjernihan air tersebut sudah dipakai pada perlengkapan perang Negara yang sudah maju, pesawat ruang angkasa, penyediaan air untuk daerah yang dilanda bencana alam, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO), air akan semakin bersih karena alat tersebut dapat menyingkirkan berbagai macam kontaminan aestetik yang dapat menyebabkan rasa tidak enak, bau, serta warna bahkan air yang terasa asin atau soda yang disebabkan oleh keberadaan sulfat atau chlorides.


Secara efektif, unit dari alat ini dapat menyingkirkan segala jenis virus dan bakteri. Dengan besar pori pada membran mencapai 0.0001 Mikron bacteria yang mempunyai ukuran 0.2 hingga 1 mikrosn serta virus yang berukuran 0.002 hingga 0.4 mikron mampu dengan mudah akan dibuang sebagai residu jika anda menggunakan alat ini. Selain virus dan bakteri berbahaya, RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) juga bisa digunakan untuk menyingkirkan bahan kimia non-organik yang ada di dalam air seperti metal, mineral, dan garam. Alat tersebut sangat efektif untuk menyingkirkan beberapa kontaminan yang mempengaruhi kesehatan tubuh seperti asbestos, arsenic, fluoride, mercury, lead, radium, nitrate, atrazine atau pesticide atau herbicida dan lain sebagainya. Dengan kemampuan itu, teknologi pengolahan air bisa menghasilkan air yang berkualitas tinggi dan baik untuk dikonsumsi.

 

Proses pengolahan air dengan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO)


Dalam hal proses pengolahan yang menggunakan teknologi reverse osmosis, hal ini dilakukan dengan memberikan tekanan yang cukup tinggi terhadap air yang kemudian dialirkan melalui sebuah membran yang semi permeable. Disinilah selanjutnya terjadi proses pemisahan ion. Dengan adanya proses pemisahan air tersebut, molekul air akan membentuk barrier yang akan memungkinkan molekul air yang lain untuk melewati serta mengalangi semua kontaminan yang melewatinya. Tingkat penolakan atau pencegahan kontaminan pada proses pengolahan air menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) berkisar di angka 85 hingga 95%. Namun, hal ini tergantung pada kualitas awal dari air baku yang akan diolah.


Dengan teknologi penjernihan serta pengolahan air minum yang menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) mampu menyingkirkan beberapa kontaminan. Untuk menyingkirkan semua kontaminan yang ada, pengolahan air mungkin membutuhkan beberapa kombinasi teknologi. Biasanya, teknologi yang spesifik tersebut digunakan saat mengatasi permasalahan dari kualitas air baku yang kemudian diproses menjadi air minum. Dengan menggunakan beberapa kombinasi teknologi tersebut, air minum yang jernih dan sehat bisa didapatkan setelah melalui beberapa tahapan dimana setiap tahapan tersebut bertujuan untuk menyingkirkan jenis-jenis kontaminan tertentu. Untuk itu, anda membutuhkan spesifikasi RoC.C.K Reverse Osmosis yang mendukung setiap tahapan atau hanya tahapan tertentu. Teknologi yang digunakan pada setiap tahapan dan jumlah tahapan sangat menentukan kualitas air minum yang dihasilkan. Untuk penggunaan teknologi reverse osmosis biasanya diterapkan pada beragam skala penggunaan seperti industri, perkotaan, atau perkotaan.

 

Produk yang mengaplikasikan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO)


Untuk mendapatkan air minum bersih dan sehat yang menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO), alat yang digunakan beragam ukurannya mulai dari yang berskala kecil, sedang, hingga besar. teknologi yang dipakai biasanya gabungan dari teknologi RO yang dikombinasikan dengan beragam penggunaan teknologi lainnya seperti sinar ultraviolet dan filter. Alat yang diproduksi dengan skala ini biasanya digunakan di apartment, rumah tangga, rumah sakit, klinik, sekolah, laboratorium, mess, restoran, pabrik, proyek, workshop, hatchery, bencana alam, rekreasi, dan lain sebagainya.


Alat yang menggunakan teknologi RO tersebut biasanya didesain secara compact atau ringkas, user friendly atau pemeliharaan dan pengoperasian yang mudah dilakukan serta tersedia dengan berbagai macam model yang bisa disesuaikan dengan penempatan dan kebutuhan setiap orang. Umumnya, alat yang menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) tersebut mempunyai dimensi 40 cm untuk lebar, 50 cm untuk tinggi, dan 20 cm untuk tebal. Untuk output alat, bisa disesuaikan berdasarkan membrane teknologi RO yang digunakan misalnya 80 gpd (gallon per day), 50 gpd, 200 gpd, atau 100 gpd. Untuk skala yang lebih besar, anda bisa menemukannya pada instalasi PAM yang juga menghasilkan output yang cukup besar dan akan didistribusikan ke kantor, rumah, dan yang lainnya.


Jika dibandingkan dengan instalasi PAM, air minum isi ulang ataupun air minum kemasan, dengan menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) sebagai penjernih air yang berskala sedang atau kecil justru dapat memberikan pilihan yang tepat untuk kantor, rumah-rumah, dan yang lainnya. Dengan memiliki alat ini, anda bisa mendirikan sendiri pabrik atau unit instalasi air minum yang sangat handal dengan output yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

Mengetahui fungsi dari RoC.C.K Reverse Osmosis (RO)


Idealnya, unit penjernih yang menggunakan teknologi RO adalah bagian penting yang integral dari sebuah sistem air minum dan air bersih di suatu lingkungan yang terbatas seperti kantor, rumah, dan lainnya. Dewasa ini, sumber air sehat dan bersih yang biasa digunakan oleh masyarakat luas adalah PAM atau air ledeng, air sumur, air alam seperti danau, kolam, sungai, mata air dan yang lainnya. Dalam penggunaan beberapa sumber air tersebut, sistem air sehat dan bersih di lingkungan tertentu umumnya berupa sumber air, sumur, pompa hisap tekan, tanki penampung, dan menara air. Perlu diketahui bahwa air yang berasal dari tanki-tanki penampung sebenarnya adalah air yang belum siap untuk diminum. Dengan kata lain, masih dibutuhkan beberapa metode seperti memasak atau menyaring air terlebih dahulu sebelum aman untuk dikonsumsi. Sehingga, dengan menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) di tempat yang anda kehendaki, sistem air minum dan air bersih menjadi sempurna dan lengkap.


Dengan menggunakan RoC.C.K Reverse Osmosis (RO) berarti anda telah mengikuti lifestyle saat ini yaitu penggunaan teknologi yang menawarkan berbagai macam kemudahan dan berorientasi terhadap peningkatan kualitas. Dalam hal ini, kualitas yang dimaksud adalah kualitas air minum dan air bersih. Seyogyanya, air minum yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi harus memenuhi persyaratan yaitu jernih, tanpa bahan kimia, sehat, dan juga tidak berbau. Berkenaan dengan hal ini, fungsi dari alat yang menggunakan teknologi RO tersebut adalah memproses berbagai macam jenis air baku yang kemudian digunakan sebagai input. Alat ini akan menghasilkan output berupa air berkualitas yang telah memenuhi persyaratan air sehat dan aman untuk dikonsumsi.


Agar menghasilkan air yang aman untuk dikonsumsi, teknologi RO biasanya dikombinasikan dengan beberapa filter salah satunya adalah filter sedimen lima micron. Filter ini berfungsi untuk menyingkirkan karat, partikel pasir, dan kotoran yang bisa mempengaruhi warna, bau dan rasa air yang dihasilkan nantinya sebagai output dari RoC.C.K Reverse Osmosis (RO). Karena terdapat berbagai macam filter yang dikombinasikan dengan alat tersebut, harga RoC.C.K Reverse Osmosis juga tersedia dalam berbagai macam pilihan. Untuk itu, pilihlah yang menawarkan fitur yang dapat menghasilkan air dengan kualitas terbaik namun tidak membuat kantong anda kering

 

Leave a Comment